Jurusan IPA lebih baik dibanding IPS? Ini FAKTA nya!

Written By Anonymous on Thursday 4 July 2013 | 07:08

Jack-VB - Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa anak IPA adalah murid yang paling top di SMA, murid terpilih, paling pinter, paling cerdas, dalam kaitan relatif paling tinggi IQny . Tak sedikit juga yang menganggap bahwa anak IPS lah yang merupakan murid buangan,bodoh,bebal pola pikirnya, tak punya masa depan, cuma pelengkap, pelajar santai, urakan . Semakin lama,opini diatas semakin menjadi suatu keyakinan. Apalagi banyak orang tua menginginkan anaknya ke IPA,sampai ada yang nangis segala. No...No...No... Itu salah besar . Karena ada hal yang lebih penting yang menjadi alasan dasar.


1. Dari segi Materi Pelajaran. pada dasarnya nilai yang terkandung setiap mata pelajaran antara IPA dan IPS sama/sebanding,yang membedakan cuma nama. IPA punya Fisika,Biologi,Kimia dan IPS punya Ekonomi(+Akuntansi),Geografi,Sosiologi. Dalam spesialisasianya, pelajaran menghitung(penuh rumus) IPS punya Ekonomi(+Akuntansi),Geografi,namun IPA cuma ada Fisika dan Kimia. Menghapal, IPS punya Ekonomi dan Sosiologi, begitupun IPA hanya ada Biologi dan Kimia adanya. Dari hal itu,terlihat jelas materi kedua jurusan sebanding dan sama berat.

2. Mengacu pada materi ujian. Saat Ujian Nasional SMA dan setingkatnya, prosentase kelulusan anak IPA lebih besar, itu benar. Eits, anak IPA jangan sombong dulu. Itu karena apa. Perbedaan soal ujian antara IPA dan IPS sangat mendasar, IPA punya soal yang konstan/stabil/tetap, soal ujiannya hampir sama bahkan sama persis dengan soal ujian sebelumnya,contohnya cuma diganti nama pelaku soal cerita. Itu memberikan peluang besar ingat dan hafal betul soal soal ujian. Beda dengan soal ujian IPS, soal ujian IPS bersifat labil, lebih banyak pembaruan materi soal, ini mengingat pelajaran IPS yang selalu mengikuti perkembangan dunia. Dengan itu, anak IPS harus berfikir dinamis mengikuti materi pelajaran. Itu perbedaan yang membuktikan kejeniusan pola pikir IPS yang lebih unggul.Apakah saudara masih berfikir IPA lebih unggul ?

3. Setelah lulus jadi apa ? Ditarik garis besar, anak IPA hanya punya kesempatan di beberapa bidang yang menjurus ke farmasi,kedokteran,komputer,itupun harus dilalui dengan kuliah untuk mempermudah. Anak IPS jangan tanya, peluangnya sangat banyak. Akuntan,perkantoran,kebidanan, STAN, hampir semua bisa dijamah tanpa kuliah, walaupun tak dapat pekerjaan atau kuliah,masih bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri,toh sudah dibekali ilmu ekonomi. Semua itu menandakan peluang IPS lebih banyak dan memberi alasan mengapa kelas di IPS lebih banyak.
Atas beberapa alasan tersebut di atas, masihkah anda berfikir IPA yang terbaik, saya sarankan berfikirlah 100 x lagi. Berfikirlah yang lebih modern lagi. Ingat, IPA tak ada tanpa IPS,IPS juga tak ada tanpa IPA.

Jadi, anak IPS jangan berkecil hati lagi, kalian bukan buangan, tapi pilihan dan juga kebanggaan!


kaskus.co.id
Blog, Updated at: 07:08

8 komentar:

  1. Judulnya gak kebalik ya? Hehe
    Tapi saya tetap memilih IPB sebagai jurusan :)

    ReplyDelete
  2. Betul banget, anak IPS jgn berkecil hati dan anak IPA jgn sombong.

    http://jamil21.blogspot.com/
    http://my-navigation.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. bener tuh gan IPS bagus kok komen balik ya sob

    ReplyDelete
  4. Sebetulnya sih semua jurusan sama-sama bagus, tinggal pelajarnya saja mampu tidak di bidang tersebut.

    ReplyDelete
  5. ipa=ikatan pelajar alay
    ips=ikatan pelajar sukses
    SPAMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM

    ReplyDelete
  6. IPS, Ikatan pelajar set...
    Ah sudahlah.
    Maaf canda doang

    ReplyDelete

Followers